Ads 468x60px

Saturday, January 08, 2011

Mengurus Anggota yang Bermasalah


'Umat manusia adalah harta milik Kristus, yang dibeli-Nya dengan harga tunai yang tak ternilai, terikat kepada-Nya oleh kasih yang Ia dan bapa-Nya telah nyatakan untuk mereka. Sebab itu betapa kita harus berhati-hati dalam tindakan kita terhadap satu sama lain! Manusia tidak boleh berprasangka jahat terhadap sesamanya. Anggota-anggota jemaat tidak berhak bertindak nenurut bisikan hati dan kemauan sendiri terhadap saudara yang bersalah. Mereka pun tidak patut menyatakan prasangkanya tentang anggota yang bersalah itu, karena dengan demikian mereka
menanamkan ragi kejahatan ke dalam pikiran orang-orang lain.



"'Apabila saudaramu berbuatdosa,' kata Kristus, 'tegorlah dia di bawah empat mata' (Matius 18:15). Jangan beberkan kesalahan-kesalahan itu kepadaorang lain. Belalah perkaramu terhadap sesamamu itu, tetapi jangan buka rahasia orang lain' (Amsal5:8, 9.). Janganlah biarkan dosa saudaramu: tetapi jangan beberkan dosanya itu.

Pergilah kepada orang yang bersalah itu, dengan hati yang berisikan cinta dan belas kasihan Kristus, dan berusahalah membereskan perkara itu, berundinglah dengan dia dengan tenang dan sabar. Janganlah sepatah kata amarah keluar dan bibirmu. Berbicaralah sedemikian rupa sehingga menjamah hati kecilnya. lngatlah kata-kata ini: 'Barangsiapa membuat orang berdosa berbalik dari jalannya yang sesat, ia akan menyelamatkan jiwa orang itu dari maut dan menutupi banyak dosa' (Yakobus 5:20).

"Bawalah kepada saudaramu obat yang akan menyembuhkan penyakit permusuhan. Berusahalah menolong dia demi perdamaian dan persatuan jemaat, anggaplah tugas itu sebagai satu kesempatan dan kewajiban. Jika ia mau mendengar kepadamu, engkau telah mendapat dia kembali sebagai seorang sahabat bagimu.

Segenap surga memperhatikan percakapan yang terjadi di antara seorang yang telah dilukai hatinya dan seorang yang bersalah. Bila seseorang yang bersalah itu menerima teguran yang disampaikan dalam kasih Kristus, dan mengakui kesalahannya, memohon pengampunan dari Allah dan dari saudaranya, maka sinar matahari surga memenuhi hatinya. Pertikaian telah berakhir, persahabatan dan kepercayaan akan satu sama lain dipulihkan kembali. Minyak kasih menghilangkan rasa sakit yang diakibatkan oleh kesalahan itu, Roh Allah mengikat hati dengan hati; maka terdengarlah suara musik di surga karena persatuan itu."-Testimonies, jld. 7, hlm. 261,262.

1 comment:

Daniel Saputra said...

Trims atas sharingnya, khususnya karikaturnya yang dapat bercerita banyak sekali.